Kopi Gesha

Gesha merupakan salah satu varietas dari spesies arabica turunan dari genus coffea  * lihat gambar untuk lebih lengkap nya.

Kopi gesha pertama kali ditemukan di barat daya etiopia oleh ekspedisi british colonial pada tahun 1930an yang kemudian di teliti di Tropical Agricultural Research and Higher Education Center (CATIE) di Costa Rica pada tahun 1953 yang kemudian di bawa ke Panama. Pada saat di tanam di Panama pertumbuhunan pohon kopi gesha berjalan lambat dan menghasilkan buah yang lebih sedikit di bandingkan varietas lainnya. Dari segi rasa pun tidak memuaskan hal ini di karenakan ditanam pada ketinggian yang tidak mencukupi, akhirnya bibit pohon gesha di pindahkan ke dataran yang lebih tinggi. Penamaan geisha berasal dari pegunungan geisha di Etiopia tetapi setelah di teliti ternyata tidak di temukan pegunungan geisha tersebut melainkan adalah gesha region di Etiopia. Kemungkinan hanya kesalahan penulisan, saya akan menggunakan kata gesha mengacu pada varietas ini.

Kopi gesha ini di teliti oleh Dr Sarada Krishnan yang waktu itu menjabat sebagai Director of Horticulture and Center for Global Initiative yang berpusat di Denver Botanic Garden. Menurut peneliitan yang di lakukan mengahasilkan kesimpulan kopi gesha dari Panama memiliki kesamaan dengan Etiopia geisha. Hal ini yang menjadi acuan di dunia perkopian dunia bahwa ancestor dari kopi gesha Panama adalah berasal dari Ethiopia.

Kopi gesha merupakan salah satu varietas kopi termahal di dunia. Hal ini dikarenakan kopi gesha pernah memenangkan juara 1 lelang Best Panama Coffee pada tahun 2004 yang di bawa oleh keluarga Peterson dari Hacienda La Esmeralda dari Boqoete region. Saat itu juri yang menilai adalah para juri yg memiliki kredibilitas dan pengalaman luar biasa (dedengkot kopi dunia). Willem Boot dari Boot Coffee , Geoff Watts dari Intelligentsia Coffee dan Ric Rhinehart dari Specialty Coffee Association. Semua juri terpukau saat mencicipi kopi gesha tersebut bahkan sampai mengatakan “Siapa yang menaruh kopi Etiopia di meja ini? Ini jelas bukan kopi Panama”.( hal ini di karenakan mereka belum pernah menemukan karakter kopi Panama yang seperti itu). Di jelaskan artikel pada majalah Roast magazine yang berjudul Exploring The holy Grail menurut Willem Boot ia mengatakan tidak memiliki keraguan untuk memberi nilai kopi gesha ini dengan nilai 96 points dengan tasting notes jasmine, pepaya, lime dan honeysuckle. Luarbiasa bukan??

Setelah menjuarai lelang kopi Panama keluarga Peterson mendapatkan pertanyaan oleh wartawan. Apa yang akan kalian lalukan dengan kopi ini? Keluarga Peterson menjawab akan menjaga kopi gesha ini untuk di jadikan a National Panamanian Thing (sedikit egois memang).

Dan berita ini tersebar keseluruh dunia karena pemberitaan yang sangat luas. Waktu itu Ted Lingle  *Direktur SCAA waktu itu menghubungi keluarga Peterson melalui email yang isi nya ” Tuhan memberikan gesha kepada orang Etiopia dan orang Etiopia memberikan kepada Costarica dan Costarica memberikan kepada Panama. Dan kalian ingin merahasiakan nya dari semua orang?”.

Hal ini memberikan tamparan kepada keluarga Peterson dan akhirnya dari sana lah nama kopi geisha terkenal di seluruh dunia dan para produsen kopi mencoba untuk mereplikasi kesuksesan Panama gesha.

Pohon kopi gesha memiliki beberapa ciri khas, salah satu nya memiliki pohon yang tinggi dan berdaun berwarna hijau atau perunggu. Biji nya memiliki ukuran sedang dan biasanya di tanam pada ketinggian di atas 1000m permukaan laut. Bahkan ada perkebunan yang menanam kopi gesha jauh lebih tinggi sebagai contoh perkebunan Volcan Baru dan perkebunan Lerida yang menanam kopi gesha 1700m.

Pada saat dicicipi, Kopi gesha memiliki rasa yang lembut dan floral dengan kompleksitas buah2an. Hal ini yang membuat kopi gesha selalu mendapatkan nilai tinggi pada saat scoring, otomatis harga varietas kopi gesha pun melambung tinggi. Maka dari itu tidak heran apabila para kontestan kejuaraan barista tingkat dunia menggunakan kopi varietas gesha. Esmeralda menjual kopi gesha seharga $350 per pound (0.4 kg), dan di Indonesia ada salah satu importir yang menjual Hacienda La Esmeralda Private Collection seharga Rp 2.750.000 per kg. Tetapi gesha hanya salah satu kopi menarik dan eksotis dari begitu banyak varietas kopi di dunia, nanti kita akan coba bahas kopi apalagi yang menarik selain nya. Salam dari penikmat kopi

Sumber BrewerClubCoffee
sumber : Scaasymposium.org

Sumber : brewerclubcoffee, scaasymposium, spurdge, world coffee research, roast magazie ,dan berbagai sumber

Leave a comment