Q Arabica / Robusta Grader TEST

Q Arabica Grader Test/Ujian

Apa itu Q Grader? 

Q Grader adalah seseorang yang mendapatkan sertifikasi dari Coffee Quality Institute untuk menilai suatu kopi. Saya akan membahas lebih mendalam tentang seluk beluk Q Grader pada tulisan yang lain, disini saya akan membahas tentang test/ ujian yang harus di lalui calon Q Grader untuk mendapatkan sertifikasi. Untuk Arabica kita menyebut nya Q Arabica Grader, dan untuk Q Robusta Grader untuk Robusta atau biasa di sebut R Grader

Untuk sertifikasi Q Grader akan di lakukan selama 6 Hari ( 3 Hari teori & latihan, berikut nya 3 Hari untuk ujian). Para peserta harus melewati 19 ujian yang beberapa ujian yang tidak bisa di ulang / retake dan para peserta mendapatkan jatah mengulang / retake sebanyak 3 kali (* kadang tergantung Instruktur). 

19 Test yang harus di lewati pada saat sertifikasi Q Grader :

Cupping Test : 4 x ( Retake X )

Berdasarkan masing masing kategori ( Asia, Afrika, Amerika Selatan, Natural )

Pada saat cupping test akan di siapkan 6 Set ( 1Set 5cup ) kopi dari berbagai region dari tiap kategori. Cupping Test ini tidak bisa di ulang / retake, apabila gagal harus mengulang pada kelas Q Grader berikut nya. Hal yang paling krusial pada saat cupping test adalah kita harus mengkalibrasikan diri kita melalui scoring yang kita buat dengan semua peserta kelas dan instruktur. Berhati hati lah dengan Defect, kita harus dapat menebak dengan tepat apakah di tiap set ada Defect atau tidak. * Defect = Kecacatan rasa.

Triangulation Test : 4x ( Retake O )

Berdasarkan masing masing kategori ( Asia, Afrika, Amerika Selatan, Natural )

Triangulation Test pada saat ujian Q Grader sebetul nya cukup simple, kita harus menebak satu kopi yang berbeda pada tiap set di dalam ruangan yang berlampu warna merah, tujuan nya mengaburkan warna pada kopi sehingga kita hanya bergantung pada indra pencicip. Satu set terdiri dari tiga cup dan salah satu nya ada kopi yang berbeda. Tapi pada pelaksanaan nya ini adalah salah satu test yang paling menyiksa para peserta, fisik dan mental sangat memegang peranan penting pada saat test ini.

Sensory Skill : 3 x ( Retake O )

5758 Coffee Lab Bandung

Pertama adalah tes membedakan rasa Manis, Asin, Asam, ( Pahit R Grader ) dan intensitas nya. Reference (Low ,Medium, dan High) .

Kedua adalah Blind Test, menebak rasa Manis, Asin, Asam, (Pahit R Grader ) dan intensitas nya.(Low ,Medium, dan High) .

Ketiga adalah ujian menebak campuran dari rasa Manis, Asin, Asam, ( Pahit R Grader ) yang menarik kita harus menebak juga intensitas nya. 

Olfactory Test : 4x ( Retake O )

Rocky Rhodes

Olfactory Test adalah ujian mempelajari dan menganalisa wangi wangi an yang terdapat pada kopi dengan menggunakan perangkat Le Nez Du Cafe kit. Test ini di bagi jadi 4 bagian : Enzymatic, Sugarbrowning, Dry Distillation, Aroma Taint. Untuk R Grader memakai beberapa set dari Le Nez Du Vin

Level Roast Id : 1x ( Retake O )

5758 Coffee Lab Bandung

Menebak level roast id secara tepat, Light roast, Perfect roast, Baked, Dark Roast.

Greengrading : 1x ( Retake O )

5758 Coffee Lab Bandung

Ini adalah test menyortir sample greenbeans dan mengisi form greengrading secara benar.

Matching Pair : 1x ( Retake O )

5758 Coffee Lab Bandung

Biasa di sebut Organic Acid Matching Pair, test ini akan di sediakan 8 set kopi dengan 4 cup di tiap set nya, kita di harus kan menebak pairing dari tiap set tersebut dan menganalisa Acid* apa yang ada di cup tersebut. (* Acetic, Citric, Malic, Phosphoric)

General Knowledge : 1x ( Retake X )

Ujian tertulis yang berisi 100 soal pilihan ganda. 

Percaya lah kelas ini tidak mudah…di butuhkan latihan yang cukup dan persiapan mental. Biasa nya tiap orang yang ikut kelas ini harus menempuh Retake atau bahkan tidak lulus, tapi itu sudah jamak terjadi.

Foto di ambil dari berbagai sumber : 5758 Coffee Lab Bandung , Nguppie Roastery & Lab dan dokumentasi pribadi

Leave a comment