V60 vs Kalita

Kami melakukan percobaan dengan mengukur perbedaan esktraksi pada beberapa Brewing Equipment V60 , Kalita Wave .Kami mengambil 5 sample pada tiap alat seduh tersebut dan menghitung rata rata.

Untuk variabel / parameter ada beberapa yang kami kunci dengan tujuan mencari konsistensi pada tiap seduhan, yang menjadi perbedaan hanya di alat seduhan nya ( V60 , Kalita Wave ).

Dose : 20 gr
Yield : 300 ml
Ratio 1 :15
Temperature : 87′ C
Grindsize : Medium ( kami giling sekaligus banyak untuk menghindari inkonsistensi hasil gilingan ) Beans : Tolu Batak

Pouring
Blooming 45 ml selama 30 detik 1st pouring : yield 100ml
2nd pouring : yield 250 ml
3rd pouring : yield 300 ml

* Pada saat pengambilan sample kita mengabaikan WRR.
* Kami mengambil 5 sample brewing pada tiap alat seduh yang berbeda dan mengambil rata rata. ( TDS )

Kesimpulan :

  • Dengan variabel / parameter dose, rasio, yield, temperature, dan cara pouring yang sama hasil TDS akan berbeda antara V60, Kalita Wave.
  • Extraction time V60 lebih singkat dari pada Kalita Wave, V60 tidak memiliki permukaan yang rata di bandingkan dengan Kalita sehingga air akan sedikit tertahan pada saat menyeduh (Flat Bottom ). Ada perbedaan 30 detik antara V60 dengan Kalita.
  • Yang paling mencolok adalah perbedaan TDS antara V60 dan Kalita.
  • Lihat tabel ( ada perbedaan di TDS antara Kalita wave, hal itu mengakibatkan ada nya perbedaan, dan extraction time antara kedua nya jauh berbeda).
  • Dari 5 sample yang kita ambil untuk seduhan Kalita kesimpulan yang bisa kita ambil adalah alat seduh ini bersifat stabil dan konsisten, di antara 3 sample yang kita ambil tidak ada perbedaan yang signifikan dari extraction time dan TDS.
  • Rasa yang di hasilkan oleh V60 lebih complex acidity dan Sweetness yang lebih tinggi.
  • Karakter V60 akan lebih clean dominan acidic di bandingkan dengan Kalita Wave yang memiliki body lebih tebal dan sedikit aftertaste lebih panjang.

Mari menyeduh, salam penikmat kopi.

Leave a comment