Tasting Notes

Hints of Peanuts, Fruity, Sweet Aftertaste…..bingung gak sih kita kalau di sodorin tasting notes kaya gitu? Maksud nya apa sih ? Kacang apa? Buah apa? Sweet nya kaya gimana?

Balik lagi ke tujuan awal kenapa di buatkan tasting notes? Untuk apa?

Sebenarnya tasting notes bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam mencicipi kopi. Jadi pembuat tasting notes akan mencoba untuk memberikan pengalaman rasa nya dalam mencicipi kopi. Tujuan nya agar pengalaman yang sama dapat di rasakan si peminum kopi tersebut. 

Apakah tasting notes yang di buat pasti sama dengan yang kita minum?

Belum tentu…banyak faktor yang bisa merubah rasa si kopi pada saat di seduh

  • Temperature
  • Time
  • Dose
  • Yield
  • Air yang di gunakan
  • Dll

Gimana cara membuat tasting notes?

Paling mudah awal nya pakai panduan Flavor Wheel atau Roda rasa. Biasanya saya akan menganalisa kopi berdasarkan Body / Mouthfeel , Acididy , Sweetness , Aftertaste

Contoh nya medium body, green apple with sugarcane and hint of tobacco aftertaste

Apakah betul ?

Bisa betul bisa juga salah….yang saya sampaikan adalah saya merasakan pengalaman seperti itu pada saat mencicip…saya merasakan medium body dengan manis dan asam menyerupai buah apel dengan karakter sugar cane yang muncul dan di akhiri sedikit rasa tembakau yang tipis.

balik lagi apakah yang lain bisa merasakan pengalaman yang sama belum tentu. Jadi jangan terlalu cepat menyalahkan yang membuat tasting notes…sekali lagi banyak faktor yang dapat merubah rasa kopi pada saat di seduh ( baca tulisan Variable Brewing )

Tasting notes tabrak tabrak an

Banyak juga yang menulis tasting notes tabrak2 an sehingga pada saat menganalisa pusing sendiri

Contoh :

Dark choco , honey , lime , strawberry

Dark choco di identikan dengan bitter tapi masih nyaman, bisa di asumsi kan level roasting untuk kopi ini adalah dark. Dan biasanya kopi yang di roasting dengan level roast dark akan menurunkan kadar acidity….gimana bisa ada lime dan strawberry? Kalau honey mungkin masih masuk akal karena level roast dark akan menghasilkan body lebih tebal dan karakter honey adalah manis yang berbody tebal.

Masuk akal?

Apakah salah? Tidak tuh….tidak ada aturan baku dalam hal membuat tasting notes….

Balik lagi yang penting kopi nya menjual kan?

Salam penikmat kopi  

Leave a comment