Corona Virus

Corona Crisis

Virus Corona / Covid-19 ini menjadi bencana besar global yang terjadi saat ini, dan tidak luput juga Indonesia kena dampak nya. Bagaimana dampak Covid-19 ini terhadap dunia kopi di Indonesia? Babak belur – mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi kita sekarang ini. Dari petani / prosessor , roaster dan barista (cafe) pun pasti merasakan hal yang sama saat ini. Secara global pun banyak yang terkena dampak, contohnya acara kopi dunia terpaksa di tunda, berbagai simposium kopi internasional terpaksa di ganti dengan sistem video call, bahkan protocol cupping yang di buat oleh SCA pun berubah karena pandemik ini.

Petani dan Prosessor

Yang paling merasakan dampak dari pandemic ini adalah petani dan prosessor. Yang sama sama kita ketahui bulan april adalah masa waktu panen raya di sebagian daerah di Indonesia. Petani dan prosessor membutuhkan serapan pasar untuk hasil produksi nya, sedangkan para roaster saat ini juga merasakan hal yang sama. Menurunnya pendapatan dari cafe ( hilir ) yang notabene menjadi tulang punggung para roaster menjadi masalah utama, banyak juga terjadi para cafe menunda pembayaran ke roaster. Yang terjadi sekarang adalah para petani dan prosessor menurunkan harga jual nya yang pasti mengakibatkan berkurang nya keuntungan, ini tidak bisa di hindarkan dikarenakan para roaster pun mengalami penurunan pendapatan yang drastis.

Roaster

Para roaster pun tidak luput dari dampak pandemic ini, cafe yang menjadi kan sumber pendapatan nya pun mengalami hal yang sama. Hal ini seperti mata rantai yang tidak bisa di putus, keterkaitan satu sama lain menjadi sangat erat. Hal positif yang bisa di ambil para roaster saat ini adalah waktu yang tepat untuk santai sejenak. Yang jadi pertanyaan adalah bertahan sampai kapan? Yang bisa di lakukan sekarang adalah mengulik dan ber-eksperimen dengan profiling yang belum pernah di lakukan.

Cafe

Cafe atau restoran menjadi ujung yang mengalami dampak pandemic ini. Dengan berkurang nya pengunjung menjadi penurunan pendapatan yang di alami sebagian besar cafe dan restoran. Banyak yang melakukan perubahan jam operasional sehingga mengurangi biaya karyawan, bahkan menunda pembayaran ke supplier pun kerap kali terjadi. Satu satu nya peningkatan yang di rasakan cafe dan restoran adalah pembelian secara take away / delivery, tetapi hal itu belum cukup untuk menyamai pendapatan sebelum terjadinya pandemic ini.

Para Penikmat Kopi

Dengan berhentinya sementara operasional cafe favorit dimana kita biasa menikmati kopi favorit; dengan maraknya pandemik yang terjadi kita tentunya bingung harus ngopi dimana. Mulailah menyeduh dirumah, bereksperimen dengan berbagai alat seduh. Marketplace online merupakan sumber yang menarik dimana kita bisa menemukan berbagai jenis kopi dari berbagai penjuru dunia. Kita bisa mulai dengan memilih kopi-kopi yang sesuai dengan karakter favorit atau mencoba kopi dengan karakter yang jauh berbeda dari yang biasa diminum. Mencoba berbagai resep seduh, dengan alat seduh yang ada di rumah. Menyeduh dengan menggunakan alat seduh baru juga sebuah pengalaman yang menarik, dikarenakan beda alat seduh dapat menghasilkan karakter atau nuansa yang baru pada kopi yang biasa kita minum, jadi jangan ragu-ragu untuk menyeduh.

Semoga pandemik ini cepat berlalu. Sehat selalu, teman2.

-salam penikmat kopi.

Leave a comment