Cascara Blend

Cascara mempunyai rasa yang regional, seperti halnya kopi yang biasa kita sebut single origin. Layaknya estetika yang kita temukan pada kopi dapat kita temukan juga pada cascara, akan kita temui flavour yang berbeda dan kaya rasa pada setiap origin cascara. Bahkan tidak menutup kemungkinan beberapa cascara tidak begitu menarik dalam aroma dan rasa nya, banyak faktor juga yang membuat hal tersebut terjadi, bisa karena penyimpanan yang tidak baik atau memang karakter cascara sendiri yang tidak begitu menonjol. Tidak begitu terlihat secara fisik akan tetapi ketika diseduh akan dapat kita ketahui hal-hal yang membuat kita harus sedikit memperbaiki rasa seduhan cascara kita.

Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat membuat Cascara Blend. Anda dapat mencupping beberapa region Cascara, beberapa teh bunga, teh kulit, teh daun, bahkan rempah-rempah. Sama halnya dengan House Blend pada kopi, cascara blend juga mengedepankan aroma, karakter dan body nya. Body biasa akan kita dapat kan dari cascara Sumatera seperti kita ketahui kopi-kopi Sumatera yang biasa dengan body nya yang bold begitu juga dengan cascaranya. Karakter Anda  bisa dapatkan dari cascara yang berasal dari Jawa mereka terkenal dengan cascaranya yang lembut dan aromatik, hingga aroma Anda bisa dapat kan dengan mencampur beberapa rempah, atau teh bunga dan teh daun dengan komposisi 50% pada body, 30% pada karakter, dan 20% pada aromanya. Selain dapat menutupi kekurangan cita rasa cascara, kita juga akan mendapatkan flavour cascara yang nikmat dan eksotik.

Berikut adalah beberapa contoh Cascara Blend yang akan membuat Anda sedikit terhanyut ketika menikmatinya:

Cascara Rempah/ Qishr

Minuman Cascara ini biasa dinikmati oleh masyarkat di Yaman,

10 gram cascara, 300 ml air mineral. Untuk merebusnya lalu masukan kayu manis, kapulaga, 1ruas jahe, didihkan lalu saring. Qishr siap untuk dinikmati tambahkan gula sesuai selera Anda.

Cascara Rosela

7 gram cascara, 3 gram teh bunga rosela, 300 ml air mineral. Didihkan, masukan cascara dan teh bunga rosela ke dalam french press, seduh dengan 300 ml air panas, biarkan immerse selama 4 menit agar ekstraksinya optimal. Cascara rosela siap dinikmati. Aroma rosela dan fruity lembut cascara terasa sangat menggoda, tambah kan gula sesuai selera Anda.

Cascara Lemon

10 gram cascara, sedikit teh kulit lemon, daun mint. Didihkan 300 ml air mineral, masukan semua bahan cascara lemon kecuali daun mint kedalam french press, seduh dengan air yang telah dididihkan, biarkan immerse selama 4 menit, kemudian saring. Tambahkan daun mint kedalam cangkir cascara lemon Anda sebelum Anda menikmatinya & tambahkan gula sesuai selera Anda.

Cascara Kamboja

7 gram cascara, 3 gram teh bunga kamboja (bunga kamboja mengandung antibiotik, sangat baik bagi Anda yang mempunyai keluhan masalah pencernaan). Tetap gunakan 300ml air mendidih untuk menyeduhnya biarkan immerse 4 menit, lalu Anda dapat menikmati Cascara dengan aroma yang eksotik. Sangat disarankan menikmatinya tanpa gula.

Cascara Melati

5 gram cascara, 3 gram teh daun, 2 gram teh bunga melati, seduh dengan 300 ml air panas, biarkan immerse 4 menit, berikan gula sesuai selera Anda. Melati dan daun teh memberikan flavour tersendiri, pada pengalaman lain dalam menikmati Cascara, saya sarankan Anda menggunakan cascara dengan body yang bright karena kita mendapatkan kepekatan body dari daun teh.

Selamat menikmati dan bereksperimen dengan cascara blend Anda.

1 Comment on Cascara Blend

  1. Ayo semangat mengulik cascara 🙂

Leave a comment