Top 5 Profile (dari hasil penelitian 27 Profile Roasting)

Berdasarkan data 27 profile roasting dan melakukan uji citarasa, kami mendapatkan 5 profile terbaik. Berikut adalah tasting note dari 5 profile tesebut:

1. Profile 13

Profile 13 secara perlakuan roasting memiliki perbedaan dengan REF adalah ( > ,=, =) artinya:

DRY di atas dari REF

MAI identik dengan REF

DEV identik dengan REF

Pada saat uji citarasa memiliki notes yang berbeda dengan REF, yaitu dari Fragrance dan Aroma memiliki keunggulan dari REF dengan F/A almond yang sangat intense. Sedikit berbeda dengan REF yang memiliki hint floral dan hint peanut butter tetapi kadar intensitas nya yang berbeda. Kami menemukan F/A yang intense dan jauh lebih menarik di Profile 13 ini di bandingkan dengan REF. Kami memutuskan Profile 13 menjadi yang terbaik karena beberapa alasan yaitu F/A yang jauh lebih intense dan profile ini memiliki rasa Balance yang sangat baik, tidak saling mendominasi dan saling melengkapi satu sama lain nya. Konsistensi perubahan rasa dari panas ke temperatur ruangan juga menjadi nilai tambah.

2. Profile 2

Profile 2 secara perlakuan roasting memiliki perbedaan dengan REF adalah ( < ,<, =) artinya:

DRY di bawah dari REF

MAI di bawah dengan REF

DEV identik dengan REF

Pada saat uji citarasa Profile 2 ini memiliki keunggulan secara intensitas F/A dari REF, tetapi memiliki kekurangan dari segi Body dan Aftertaste. Sangat terasa dari segi body yang terasa dry dan Aftertaste sedikit harsh mengganggu di bandingkan dengan REF.

3. Profile 8

Profile 8 secara perlakuan roasting memiliki perbedaan dengan REF adalah ( < ,<, >) artinya:

DRY di bawah dari REF

MAI di bawah dengan REF

DEV di atas dari REF

Pada saat uji citarasa Profile 8 kami mendapatkan floral yang sangat kuat yaitu notes jasmine yang sangat nyaman, tetapi walaupun memiliki Body dan Aftertaste yang sangat tidak stabil profile ini memiliki kompleksitas rasa yang menarik.

4. Profile 21

Profile 21 secara perlakuan roasting memiliki perbedaan dengan REF adalah ( = ,=, >) artinya:

DRY identik dengan REF

MAI identik dengan REF

DEV di atas dari REF

Pada saat uji citarasa Profile 21 secara F/A memiliki nilai lebih baik dari REF. Yang menjadi catatan dari profile ini adalah hampir keseluruhan nilai di bawah dari REF dan terlebih di Body yang tipis dan Aftertaste yang sangat terasa unpleasant, powdery dan harsh sangat mendominasi.

5. Profile 5

Profile 5 secara perlakuan roasting memiliki perbedaan dengan REF adalah ( < ,=, <) artinya:

DRY di bawah dari REF

MAI identik dengan REF

DEV di bawah dari REF

Pada saat uji citarasa Profile 5 hanya memiliki keunggulan dari F/A dan sisa nya di bawah dari REF. Yang menjadi cacatan dari profile ini adalah perubahan rasa yang sangat tidak konsisten, dari panas sampai ke temperatur ruangan memiliki perubahan yang signifikan, dan berakhir menjadi kopi yang boring/ membosankan / flat.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mengacu pada profile reference, dengan memperpanjang waktu di fase drying, rasa kopi yang dihasilkan lebih unggul dibandingkan dengan 26 profile lainnya.

Menyangrai kopi merupakan suatu seni, dimana dengan merubah waktu di salah satu fase nya saja, rasa yang timbul pada akhirnya dapat berubah. Dan bagi teman2 penyangrai, pasti ini amat menantang dan sekaligus menyenangkan. Cukup menarik bukan?

Sampai jumpa lagi di penelitian kami selanjutnya.

-salam penikmat kopi-

Leave a comment