5 Terbawah dari hasil penelitian 27 Profile

Profile 23 nilai 30

DRY = REF

MAI < REF

DEV < REF

Apabila dilihat dari data yang telah kita kumpulkan profile 23 ini memiliki agtron color 103 (Ground), dan memiliki loss sebesar 13,4%. Jelas sekali agtron color ini sangat mempengaruhi rasa/ karakter dari kopi tersebut pada saat kita melakukan uji citarasa, warna yang terlalu terang menyebabkan muncul notes grassy (rerumputan), kacang polong dan kacang rebus. Karakter rasa yang keluar ini sangat tidak nyaman dan mengganggu sehingga kami menempatkan nya pada posisi terakhir profile pada penelitian ini.

Profile 17 nilai 31

DRY > REF

MAI < REF

DEV < REF

Dari profile 17 ini tidak terlalu berbeda karakter nya dengan profile 23 yaitu kental dengan karakter rasa dari grassy, kacang polong dll. Yang membedakan adalah pada saat Fragrance dan Aroma dari profile 17 sedikit lebih intense dan lebih baik dari profile 23.

Profile 18 nilai 32

DRY > REF

MAI < REF

DEV > REF

Profile 18 ini di bandingkan dengan dua profile di atas memiliki perbedaan dari karakter dan rasa, yaitu sangat jelas terasa karakter smokey, burnt, menyerupai karet terbakar dan aftertase getir yang sangat mengganggu.

Profile 25 nilai 32

DRY = REF

MAI > REF

DEV > REF

Profile 25 ini juga memiliki kemiripan karakter dan rasa dengan profile 18, yaitu karakter smokey, burnt dsb.

Profile 27 nilai 32

DRY = REF

MAI < REF

DEV > REF

Profile 25 ini juga memiliki kesamaan dari segi karakter dan rasa dari profile 25 dan 18. Untuk data notes lengkap dan profiling dapat di lihat dari tabel yang ada.

Leave a comment