Portafilter

Portafilter

Portafilter memiliki banyak macam dan perbedaan, mulai dari bentuk, model, dan ukuran. Portafilter sendiri mempunyai fungsi penting dan tidak dapat terpisahkan dari mesin espresso. 

Basket portafilter

Basket portafilter ini berfungsi sebagai tempat untuk menampung bubuk kopi yang sudah digiling. Basket portafilter ini terdiri dari berbagai macam ukuran dari diameter dan volume.

Single spout portafilter

Untuk penggunaan single spout portafilter ini di sarankan menggunakan basket ukuran volume Kecil ( 14gm – 16gm ). Karena spout yang di miliki hanya satu (jadi aliran espresso yang di hasilkan akan keluar akan hanya satu sisi) memungkinkan untuk terjadi nya over extract. Hasil ekstraksi yang dihasilkan akan cenderung lebih lama, apabila menggunakan mesin espresso dua grup akan sulit untuk mengaplikasikan dengan dua jenis portafilter yang berbeda ( satu grup menggunakan single spout dan satu lagi menggunakan double spout) dengan settingan grinder yang sama.

Double spout portafilter

Double spout portafilter ini sudah jamak di temukan dan seringkali kita menggunakannya. Hal yang perlu di perhatikan dari portafilter jenis ini adalah tamping. Apabila tamping yang tidak rata akan menghasilkan ekstraksi yang tidak sempurna juga. 

Naked portafilter

Ini adalah jenis portafilter yang jarang kali di temukan dan di gunakan. Alasannya mungkin karena butuh investasi lagi untuk membeli portafilter jenis ini dan harganya pun tidak murah. Pada portafilter jenis ini kemampuan para barista sangat di Uji, dikarenakan membutuhkan kemampuan tamping yang betul dan benar serta konsistensi. Apabila di lihat dari gambar di atas itu adalah contoh ekstraksi sempurna espresso pada penggunaan naked portafilter, espresso akan mengucur di satu titik dengan posisi di tengah portafilter. Ini menggambarkan tampingan yang rata/ flat akan menghasilkan ekstraksi yang rata pula.

Leave a comment