Specialty atau Komersial

Lebih penting idealisme atau profit sih sebenarnya? Bisa kah win win solution?

Pertanyaan itu seringkali muncul pada saat saya bertemu dengan para teman yang ingin membuka coffee shop ; baca membantu teman.

Saya pasti menjawab dua dua nya ok…atau pilih salah satu tak masalah. Pertanyaan balik nya adalah apa tujuan nya membuka coffee shop itu sendiri?. Bermain di ranah specialty apakah sudah yakin? Dan sebalik nya…bermain di ranah komersial apakah siap bersaing dengan yang lain?

Idealisme

Mesin espresso

Cari lah mesin espresso yang kredibel, dan pasti harga nya tidak murah. Balik lagi apabila ingin bermain di ranah idealis, mesin espresso sangat lah berperan penting. Karena dengan mesin yang kredibel yang memiliki fitur2 canggih alhasil espresso yang di hasil kan akan sangat baik. 

Grinder

Setelah mesin espresso yang kredibel ( canggih ) selanjutnya ke grinder, yang perlu di ingat grinder ini berkisar dari 1jt sampai 50jt pun ada. Grinder menjadi tulang punggung pada pembuatan espresso, dalam artian grinder yang bagus performa nya akan menjamin espresso yang baik. balik lagi tergantung budget, target market dll dan itu akan mempengaruhi costing nanti nya.

Tempat dan Lokasi

Tempat dan lokasi juga menjadi hal penting untuk di pertimbangkan dan di perhitungkan…misalkan harga sewa dan renovasi tempat 1 milyar…tapi harga jual produk nya 18rb kapan bisa balik modal nya?

SDM

untuk terjun masuk ke dunia idealis penting juga di pikirkan tentang sumber daya manusia / barista. Dengan barista yang mumpuni, baca; secara skill sudah mampu untuk mengaplikasi kan kopi specialty juga tidak mudah, butuh jam terbang dan kemampuan yang tidak remeh temeh. Dibutuhkan pelatihan khusus untuk barista yang notabene juga tidak murah secara biaya.

Produk

Produk menjadi tulang punggung bagi yang ingin bermain di ranah Specialty. Dengan produk yang berkualitas dan di tunjang dengan peralatan yang bagus jangan di lupakan barista yang mumpuni akan sangat membantu untuk pembentukan Brand Image dari coffee shop. Jangan takut untuk ber investasi di produk ini, maksudnya jangan jadikan produk ini sebagai korban untuk cutting cost. Kadang management menerapkan harga murah untuk pembelian beans nya dengan tujuan di jual dengan harga setinggi tinggi nya sehingga mendapatkan profit sebanyak banyak nya. please jangan lakukan itu, di dunia kopi walaupun tidak selalu harga mahal berbanding dengan kualitas tetapi kopi berkualitas bagus tidak akan di hargai dengan murah. PERCAYA DEH, dan kita harus pintar pintar untuk memilih beans yang akan kita jual.

Komersial

Pilihlah mesin espresso yang secukup nya (apabila menggunakan mesin) dan grinder yang biasa aja. Cari tempat yang tidak terlalu besar yang membutuhkan renovasi dengan biaya tinggi. Fokuskan pada jualan online (Grab, Gojek dsb). Cari lah roastery yang bisa di ajak kerja sama jangka panjang , kata lain nya dapat di kontrak dengan tujuan negosiasi harga. harga modal atau costing menjadi peranan penting di sini, kita harus berani mencari harga beli dengan se murah mungkin. Berinovasi lah pada produk ( ciptakan produk baru yang belum ada di pasar) dan jangan lupa untuk memperhatikan harga jual produk kita ( harus bersaing dengan kompetitor). Jadikan sosial media sebagai cara untuk penyebaran dan pengenalan pada Brand image yang kita bentuk. Dan terakhir jangan lupa untuk berfikir jauh kedepan dengan mempersiapkan gimana cara nya untuk menjual Franchise.

so , balik lagi kemana kita akan terjun? – salam penikmatkopi –

Leave a comment