Cascara Kreatif

Banyak yang belum mengetahui dan tertarik pada cascara. Ketika kita mencoba menanyakan pada kebanyakan masyarakat tentang cascara akan dipastikan banyak dari mereka belum mengerti. Selain banyak mengandung antioksidan, cascara rendah cafein, juga rasanya yang sangat eksotik. Ketika diolah menjadi berbagai produk, dari teh klasik, sirup topping, bubuk topping, atau minuman Ready to Drink; harapannya cascara menjadi alternatif pilihan minuman dan juga menciptakan  sumber pilihan aliran pendapatan baru bagi petani kopi dan semua sektor yang berhubungan dengannya.

Secara umum cascara hanya diseduh seperti teh pada umumnya, namun seiring kreatifitas para penikmat cascara banyak tercipta minuman dengan cascara sebagai base drink nya, setelah kita belajar memperbaiki flavour cascara dan menikmati cascara dengan cascara blend bersama beberapa produk teh bunga dan teh klasik lainya, hingga kita dapat membuat  produk kreatif cascara lainya seperti sirup yang bisa kita gunakan sebagai topping mixiologi drink, atau bubuk cascara untuk topping cascara latte dan kepraktisan dalam cara menikmati cascara lainya, kali ini kita akan membuat minuman ready to drink dengan metode fermentasi, sparkling cascara drink.

Di banyak negara penghasil atau para negara yang masyarakatnya penikmat kopi dengan catatan masyarakatnya sudah teredukasi dengan baik bagaimana minum kopi yang sehat seperti Brazil, Spanyol, Yaman, Australia mereka sudah sangat familiar dengan produk cascara yang berbasis fermentasi atau kombucha. Kali ini kita akan sedikit belajar bagaimana cara membuat sparkling cascara dengan cara fermentasi – rasanya yang segar fruity, manis dan berkarbonat alami membuat rasa yang tercipta menjadi sangat unik. Dalam fermentasi kali ini kita hanya menggunakan glukosa/gula tebu sebagai media asupan nutrisi untuk mikroba nya, atau natural. Namun begitu banyak yang harus diperhatikan dalam menerapkan proses fermentasi ini, mulai dari alat, fermentor, media, suhu, sterilisasi dan juga pengemasanya. Ada beberapa tahap yang harus kita terapkan dalam fermentasi cascara ini antara lain sebagai berikut:

1.Penyiapan bahan baku

Pilih cascara andalan Anda,kali ini saya menggunakan Cascara Blend.

100 gram cascara

50 gram bunga rosela

1500 ml air mineral

100 gram gula tebu dicairkan dengan 500 ml air mineral

2.Penghancuran dan Pemasakan

Saya menyarankan untuk meroasting cascara Anda guna mendapatkan body yang optimal dalam flavour minuman Anda,setelah nya campur cascara dengan bunga rosela hancurkan seperlunya lalu rebus bersama 1500 ml air meneral hingga mendidih.

3.Perendaman dan Fermentasi

Setelah cascara direbus biarkan emerse/rendam selama 1 x 24 jam,lalu saring kemudian pindah ke wadah/fermentor yang kedap udara tidak lupa masukan gula yg telah dicairkan sebanyak 500ml,tutup cascara dengan rapat dan mulai lakukan fermentasi selama 3 hari,biarkan saja.Kemudian setelah 3 hari buka dan bersihakan busa lalu saring dengan menggunakan saringan kain,sebaiknya gunakan sarung tangan ketika proses berlangsung,setelah disaring kembali simpan di wadah yang kedap udara dan kembali diam kan selama 3 hari,dengan catatan suhu rata² sekitar 30°Cel hingga 34°Cel.

4.Penyaringan dan Penjernihan

Setelah 3 hari kedua/fermentasi tahap ke II selesai kembali kita bersihakan busa dan saring dengan saringan kain,memulai untuk penyaringan dan penjernihan,kali ini saya sarankan Anda menggunakan wadah/fermentor dari bahan kaca,selain lebih mudah dalam mengontrol fermentasi kaca bahan yang paling mudah beradaptasi pada suhu,untuk suhu di Indonesia yang tidak menentu bahan kaca lebih efisien.Setelah disimpan dalam wadah kaca tetap biarkan 3 hari lalu kembali saring untuk mendapatkan cascara yang lebih jernih,biasanya di tahap ini kita sudah bisa mendapati cascara kita sparkling karbonasi.

5.Penuaan dan Pengemasan

Setelah proses penjernihan usai kita memasuki masa penuaan/aging.Proses penuaan ini bisa juga kita sebut untuk mendapatkan sprakling/karbonisasi yang lebih kuat,setelah jernih Anda hanya tinggal melakukan pengemasan dalam botol kaca,lalu masukan ke dalam showcase atau kulkas karena karbonisasi akan lebih optimal ketika Anda menggunakan suhu di bawah 20°celcius,biarkan 3 hingga 6 hari Anda siap menikmati Sprakling Cascara Drink dengan korbanat alami dan fermentasi alami.

Hanya harus sedikit ketelitian dan ketelatenan agar sprakling muncul dalam fermentasi cascara ini,lalu pastikan alat bersih dan steril,mikroba baik tidak akan tumbuh bila ditempat yang tidak bersih.Selamat mencoba dan kembangkan eksperiment Anda.

Leave a comment