INDONESIA – Tuan Rumah Cup of Excellence Pertama di Asia

Satu tahun belakangan ini, sering terdengar berita tentang Cup of Excellence di dunia perkopian Indonesia. Apa sih Cup of Excellence (CoE) itu?

CoE sudah menjadi tolak ukur kompetisi kopi dunia sejak awal dimulai pada tahun 1999 – sebuah kompetisi kopi untuk mencari yang terbaik dari yang terbaik. Kopi2 yang berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini melalui proses seleksi yang sangat ketat sebelum dicicipi oleh panel juri nasional dan juga internasional. Jadi, bisa dipastikan kalau kualitas kopi2 yang lolos seleksi adalah yang terbaik.

CoE Indonesia adalah gagasan dari Michael Utama – Wakil Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) yang juga menjabat sebagai kepala komite penyelenggara acara tersebut. Pada tahun 2017, ia membawa tiga kopi single origin Indonesia untuk sebuah acara blind cupping di Shanghai; dan yang mengejutkan, semuanya mencetak nilai 90an. “Kopi Indonesia bisa mencapai nilai setinggi ini, sebenarnya kopi2 kita bagus dan membanggakan, hanya saja belum ada cara yang tepat untuk memfasilitasinya. Jadi, sejak saat itu, saya berjuang untuk membawa CoE ke Indonesia,” katanya. Sumatera Prestige Cup, yang menjadi proyek percontohan untuk CoE Indonesia, terselenggara dengan sukses pada tahun 2019 dan hasilnya luar biasa.

Di kancah kopi dunia, kopi Indonesia kerap dianggap sebagai pelengkap untuk sebuah blend. Tapi, sebagai salah satu dari lima besar negara penghasil kopi dunia, seharusnya kopi Indonesia bisa dikenal dan diakui untuk lebih dari itu – sebagai kopi single origin dengan kualitas yang apik dan tidak kalah dengan kopi2 dari negara lain. Sudah sepantasnya Indonesia menjadi tuan rumah Cup of Excellence; dan ini adalah waktunya. CoE Indonesia akhirnya menjadi kenyataan pada tahun 2021.

CoE Indonesia tidak terjadi dalam semalam dan tanpa tantangan. Andi Widjaja, CoE Indonesia Country Coordinator, mengatakan “Ini pertama kalinya kompetisi kopi internasional diadakan di Indonesia, melibatkan banyak pihak dan rantai koordinasinya cukup panjang. Dan dari sisi peserta, bahkan setelah sosialisasi aturan dan peraturan yang tepat, beberapa masih belum terbiasa dengan pengawasan semacam ini. Tetapi tim kami tidak kenal lelah untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.” Kemudian, tentu saja, ada bagian teknis – menilai biji kopi, menyangrai kopi dengan benar, lalu di-cupping untuk memastikan kopi2nya sudah menampilkan kualitasnya dengan baik. Indra Wiryawan berperan sebagai CoE Indonesia Technical Lead dan menjadi jembatan antara tim produksi, ketua juri dan para juri; memastikan kopi layak untuk disajikan di meja penilaian. Ia mengatakan, “CoE mungkin adalah acara kopi paling prestisius di dunia. Tidak mengherankan kalau banyak sekali tahap yang harus dilalui, mulai dari detail terkecil hingga mempelajari keseluruhan sistem CoE. Sangat menyenangkan menyaksikan kopi2 maju dari putaran nasional ke internasional. Ketika kami mencicipi kopi itu, kami tersenyum, dan kami bangga.”

Dunia kopi Indonesia telah berubah cukup drastis dalam 5 tahun terakhir. Di masa lalu, beberapa penggemar kopi mungkin sudah tahu tentang kopi CoE – tetapi seberapa banyak yang mereka ketahui tentang proses dan sistemnya? Dengan adanya kompetisi internasional seperti CoE diadakan secara lokal, dunia pasti akan memandang Indonesia sebagai negara yang dapat menghasilkan kopi berkualitas. Adi Taroepratjeka, Director of 5758 Coffee Lab mengatakan, “CoE pasti akan meningkatkan citra dan kualitas kopi kita, petani akan lebih memperhatikan bagaimana mereka memproses, dunia sekarang sadar akan kopi kita; tapi tidak berhenti di situ. Kami harus mengikuti ekspektasi dunia akan kualitas dan konsistensi produksi juga. Akan sangat menarik melihat bagaimana kami akan berkembang dari sini.”

Indonesia telah membuat sejarah dalam industri kopi. Seperti yang dikatakan oleh Michael, “Indonesia memiliki jauh lebih banyak pilihan selain kopi dari Sumatra dan Toraja. Masih banyak kopi yang bisa dijelajahi oleh dunia, saya berharap CoE perdana ini akan lebih mengekspos kopi Indonesia.”

Lelang untuk kopi CoE Indonesia diadakan awal Januari 2022 yang lalu. Untuk hasilnya, silahkan cek di https://allianceforcoffeeexcellence.org/indonesia-2021/#1643312940613-53cf472d-7577.

Untuk Indonesia!

Leave a comment